Red velvet cake with mascarpone cheese frosting

Kali ini aku m encoba membuat red velvet cake. Resep kuenya aku ambil dari Joy of Baking, sementara frostingnya aku ambil dari Australian Women’s Weekly.

Jujur, aku tidak tahu sampe harus seberapa merah. Waktu membuat kue ini, aku menggunakan pewarna merah merek Queen. Nach berhubung masih kurang merah, aku tambhkan lagi pewarna merah merek Wilton. Jadinya? Yach seperti di gambarku ini..

Kenapa aku pilih mascarpone cheese frostingnya AWW? As dulu udah pernah aku coba dan ternyata enakkkkkkk banget menurutku.

Bahan kue:

250gr tepung terigu
1/2sdt garam
2sdm coklat bubuk
113gr mentega tawar pada suhu ruangan
300gr gula kastor
2 butir telur
1sdt vanilla esense
240ml buttermilk (atau jika tidak ada, bisa dengan mencampur 240ml susu dengan 1sdm air perasan lemon)
2sdm pewarna merah
1sdt cuka
1sdt baking soda

Bahan mascarpone frosting:

250gr cream cheese – biarkan pada suhu ruangan
250gr mascarpone cheese
150gr icing sugar
1sdt vanilla essense
310ml cream

Cara membuat kue:

Siapkan 2 loyang dengan ukuran diamater 20 cm, alasi dengan baking paper, Sisihkan.
Ayak tepung, garam dan cholate bubuk lalau sisihkan.

Kocok mentega hingga lembut, lalu masukan gula kastor sedikit demi sedikit.
Setelah itu, masukan telur satu persatu. Beri vanilla essense dan kocok terus hingga semuanya menyatu.
Sisihkan.

Sementara itu, campur buttermilk dengan pewarna merah – aduk rata.
Tuang secara bergantian adonan tepung dan buttermilk ke dalam adonan mentega sambil terus dikocok dengan menggukan kecepatan kecil.
(dimulai dengan adonan tepung lalu diakhiri juga dengan adonan tepung).

Campur cuka dengan baking soda hingga berbusa lalu campur dalam adonan kue.

Bagi adonan kue menjadi sama rata dan tuang dalam oven.

Panggang dalam oven (yang telah dipanaskan dengan suhu 160 derajat- itu ovenku lho yach) selama kurang lebih 30 menit atau hingga kue matang.
Keluarkan dari oven dan biarkan dingin selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu baru keluarkan dari loyang dan biarkan hingga betul – betul dingin.
Setelah dingin, baru dech kuenya diisi dengan frostingnya untuk bagian tengahnya dan juga bagian luarnya.(kalau suka – tiap bagian kue boleh dibagi dua. Cuman buat aku supaya praktis, aku biarkan begitu saja),

Cara membuat mascarpone frostingnya:

Kocok cream cheese, mascarpone, icing sugar dan vanilla essense hingga tercampur rata.
Masuk krem dan kocok lagi hingga semuanya tercampur

Comments are closed.

